Sanitasi dalam Pengendalian Hama

pengendalian hama

Usaha kegiatan preventif yang menitikberatkan kepada kegiatan usaha kesehatan hidup manusia adalah devinisi sederhana tentang “sanitasi”. Dalam kaitannya dengan lingkungan di sekitar kita, sanitasi terhadap lingkungan berarti segala sesuatu yang berbentuk upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar kita.

Sanitasi juga sangat penting dalam sebuah industri pengolahan makanan, seperti pabrik, gudang makanan dan lain-lain, kenapa..? karena untuk menjamin terhindarnya kontaminasi silang terhadap produk makanan yang diproduksi atau disimpan. Pemeliharaan dan kegiatan sanitasi mencakup pemeliharaan dan sanitasi bangunan, fasilitas dan peralatan, penanganan limbah dan pengendalian hama.

Lalu, apa pentingnya sanitasi suatu area dalam kegiatan pengendalian hama..? demikian kah pertanyaan anda..? Ok.., jika kita berbicara tentang pengendalian hama tentunya kita akan mencari tahu apa hamanya? Dari mana dia datang? Kenapa dia ada? Lalu bagaimana..?
Seperti yang pernah saya sampaikan bahwa hama adalah makhluk hidup yang mempunyai naluri bertahan hidup dan mencari makan, jika hama ditemukan pada suatu area, pasti ada sebabnya. Jadi, untuk mengidentifikasi sumber keberadaan hama ada tiga faktor yang harus kita perhatikan, yaitu:
Pertama adalah “Water”, adanya sumber air.
Kedua adalah “Food”, adanya sumber makanan bagi hama.
Ketiga adalah “Harbourage”, adanya tempat yang mendukung untuk sarang hama.

Sanitasi dalam Pengendalian Hama

Berarti, agar hama tidak datang ke area kita, maka kita harus menghindari adanya tiga faktor tersebut, misalnya yang dapat kita lakukan sendiri adalah seperti mencegah adanya genangan air yang dapat menjadi tempat berkembangbiak hama, menghindari adanya sisa makanan di area kerja kita, membiasakan tidak menyimpan atau menumpuk barang-barang yang sudah tidak terpakai terlalu lama karena dapat menjadi sarang bagi hama.

Rangkaian kegiatan menghindari atau proses menghindari adanya tiga faktor tersebut adalah yang disebut dengan sanitasi dalam pengendalian hama. Jadi, sanitasi atau kebersihan suatu area itu “sangat penting” dalam pencapaian keberhasilan pengendalian hama.

Terkadang banyak masyarakat yang menginginkan agar rumah, restoran atau lingkungan mereka bebas dari hama, sementara mereka tidak menyadari atas buruknya sanitasi di lingkungan mereka. Meskipun telah menggunakan perusahaan jasa pengendalian hama, jika tidak ada kerja sama dalam menjaga sanitasi maka hama tidak akan mudah terkendali.

Dewasa ini, kegiatan sanitasi atau kebersihan telah dilakukan oleh profesional dan memang ahli dalam bidang tersebut. Hal ini menunjukkan sangat pentingnya sanitasi atau kebersihan bagi kenyamanan kehidupan manusia. Di samping itu, suatu area atau lingkungan dengan kondisi sanitasi yang buruk akan berpengaruh negatif pada banyak hal, salah satunya adalah memicu datangnya hama di lingkungan kita.

Artikel ini dipersembahkan untuk Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, dan diperingati serta dirayakan sampai pertengahan bulan Juni. Kami dari tim PT. Insekta Fokustama mengucapkan selamat hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Semoga ke depan kegiatan usaha kita di bidang apapun,  terutama bidang Pest Control atau Pest Management dan Jasa Anti Rayap atau Jasa Pembasmi Rayap serta Jasa Pembasmi Tikus atau Jasa Anti Tikus selalu menerapkan sistem kerja ramah lingkungan, dengan harapan kelestarian alam dan lingkungan kita tetap terjaga, dan kita semua semakin peduli dalam menjaga kesehatan, kebersihan, dan kelestarian lingkungan kita.

Salam Power
Tim insekta

Rate this post
Facebook
WhatsApp
Telegram
Email

Leave a Replay